Sosialisasi Pencegahan Stunting Dari Hulu

Rabu 20 Juli 2022 bertempat di aula Universitas Halmahera (Uniera) diadakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting Dari Hulu kerjasama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan Universitas Halmahera, sekaligus jumpa dan sharing bersama Irine Yusiana Roba Putri, S.Sos., MCOMN & MEDIAST., anggota DPR-RI yang juga mitra BKKBN. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa Universitas Halmahera dan beberapa dosennya. Wakil Rektor VI Universitas Halmahera, Dr. Alice Wote, M.Pd., dalam sambutannya mewakili Rektor Uniera menyambut baik kegiatan tersebut sekaligus berharap kelanjutan kerjasama dengan BKKBN yang sudah terjalin selama ini. 

Sementara itu dalam pemaparan materi, Irine Yusiana Roba Putri, S.Sos., MCOMN & MEDIAST., menyebutkan pentingnya kesadaran dari setiap individu pada asupan gizi sebagai bekal kesehatan untuk memasuki masa pernikahan kelak yang akan sangat mungkin memengaruhi kesehatan anak nantinya. Karena itu, Irine mendorong mahasiswa dan pendengar untuk tidak malu atau ragu mengonsumsi local food yang justru menyehatkan. Kasbi itu merupakan bagian dari pangan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia, kata legislator dapil Maluku Utara itu. Makanan khas kita di Maluku Utara atau di Halmahera ini sebenarnya dapat disebutkan sebagai superfood, makanan super yang dapat mengurangi risiko kita terhadap penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker. Hal ini juga dapat membantu gizi kita dalam usia pemuda untuk masuk dalam jenjang pernikahan nantinya yang akan menciptakan keluarga sehat dan cerdas. Ini strategi baik mencegah Stunting dari hulu, ucap Irene.

Dalam kegiatan tersebut juga ada doorprize bagi  penanya terbaik dari peserta, yakni mahasiswa sekaligus penarikan undian bagi peserta kegiatan. Adapun hadiah menarik yang disiapkan antara lain handphone merk Samsung, kipas angin, televisi, konfor gas dan aneka hadiah lainnya. Ridonis Lutunani dan Diana Dara, dua mahasiswa Universitas Halmahera yang mendapat hadiah merasa senang mengikuti kegiatan tersebut, karena selain mendapatkan kesempatan belajar banyak hal, juga mendapat hadiah. 

Kegiatan yang dihadiri 102 peserta tersebut diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa akan pentingnya hidup sehat.