Gambar 1. Tes Tertulis Seleksi KIP Kuliah Tahun 2020

Berdasarkan UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi serta menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu Pemerintah akan selalu berupaya untuk menjamin, bahwa anak Indonesia yang kurang mampu terutama yang memiliki prestasi akan dapat terus menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

Gambar 2. Tes Tertulis Seleksi KIP Kuliah Tahun 2020

Melalui PIP di tahun 2020, pemerintah memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah sebagai bukti kehadiran negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan tinggi.

Gambar 3. Pembukaan Acara Seleksi KIP Kuliah Tahun 2020 oleh Pimpinan Wakil Rektor III

Berdasarkan hal tersebut, serta menindaklanjuti Surat Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XII Nomor. 628/LL12/KM/2020, tertanggal 08 Juni 2020 perihal Penyampaian Kuota KIP Kuliah Tahun 2020; Universitas Halmahera dalam mendukung pelaksanaan PIP, per tanggal 15 Juni 2020 sampai dengan 20 Juli 2020 telah membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru serta mahasiswa lama Universitas Halmahera yang tahun lulusannya adalah Tahun 2018 untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa calon penerima program Bantuan Pendidikan KIP Kuliah yang memenuhi persyaratan pendaftar.

Gambar 4. Pendaftaran KIP Kuliah Universitas Halmahera Tahun 2020

Selama periode pendaftaran terhitung 141 (seratus empat puluh satu) mahasiswa yang telah mendaftarkan diri dengan membawa berkas persyaratan pendaftaran.

Gambar 5. Tes Wawancara Seleksi KIP Kuliah Tahun 2020

Setelah dilakukan tahapan seleksi, diantaranya seleksi kelengkapan berkas administrasi, seleksi tertulis yang hanya diikuti oleh pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi berkas, pada hari ini 29 Juli 2020 telah dilaksanakan tahapan tes terakhir yakni tes wawancara, yang dihadiri oleh Pimpinan Wakil Rektor II Universitas Halmahera, Pimpinan Wakil Rektor III Universitas Halmahera, serta Direktur Pengembangan Soft Skill, Pelayanan Kemahasiswaan, dan Alumni selaku Pewawancara dalam seleksi dimaksud.

Gambar 6. Tes Wawancara Seleksi KIP Kuliah Tahun 2020

Untuk jadwal pengumuman hasil penetapan bagi mahasiswa calon penerima program KIP Kuliah akan diumumkan pada laman website resmi Universitas Halmahera di www.uniera.ac.id dan akun resmi instagram Universitas Halmahera @rektorat_uniera

Gambar 7. Tes Wawancara Seleksi KIP Kuliah Tahun 2020
Gambar 8. Tes Wawancara Seleksi KIP Kuliah Tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *